Chulalongkorn

Right Side of Me

Cinta dan Perhubungan Intim…

Posted by chulalongkorn on May 15, 2008

Ada banyak alasan orang untuk bernikah. Ada yang mengatakan bahawa pasangannya senang untuk diajak berbincang. Ada yang kata pasangannya sangat perihatin. Ada yang kata merasa aman bila berada dekat dengan pasangannya. Ada yang kata pasangannya macho atau sexy. Ada yang kata pasangannya pandai buat lawak. Ada yang kata pasangannya pandai memasak. Ada yang kata pasangannya pandai menyenangkan dan menjaga hati kedua orang tua. Pendek kata kebanyakan orang kata dia SAJAK dengan pasangannya.

Ada banyak alasan pula untuk bercerai. Ada yang kata pasangannya keras hati, bila diajak berbincang, cenderung kearah emosional. Ada yang kata pasangannya asyik sangat memperhatikan pekerjaannya saja, lupa kepada orang-orang di rumah yang setia menunggu. Ada yang kata pasangannya sangat pendiam, tidak dapat bertindak cepat dalam situasi darurat, sehingga merasa kurang dilindungi. Ada yang kata pasangannya kurang menggairahkan. Ada yang kata pasangannya suka menyampuk kalau bercakap. Ada yang kata masakan pasangannya kurang enak atau terlalu manis. Ada yang kata pasangannya tidak pandai mengambil hati mertuanya. Pendek kata kebanyakan orang kata bahwa dia TIDAK SAJAK LAGI dengan pasangannya.

Kebanyakan orang sebetulnya berkahwin dalam ketidaksajakkan. Bukan dalam kesajakkan. Dr. Paul Gunadi ada menyebut kesajakkan-kesajakkan diatas sebagai sebuah ilusi pernikahan. Dua orang yang pada waktu bercinta merasa sajak tidak akan serta merta berubah menjadi tidak sajak setelah mereka menikah atau berkahwin.

Ada perkara-perkara atau hal-hal yang hilang setelah mereka menikah, yang sebelumnya mereka pertahankan benar-benar selama masa bercinta. Sebagai contoh, pada waktu bercinta dua sejoli akan saling memperhatikan, saling mendahulukan satu dengan yang lain, saling menghargai, saling mencintai. Lalu apa yang dapat menjadi pengikat yang mampu terus mempertahankan sebuah pernikahan, bila kesajakkan-kesajakkan itu tidak ada lagi? Jawapannya adalah KOMITMEN.

KOMITMEN.

Hanya komitmen yang kuat mampu menahan gelombang godaan dunia moden pada waktu seorang lelaki berada jauh dari keluarganya. Begitu pula sebaliknya, pada kaum wanita yang bermain kayu tiga.

Komitmen adalah sebahagian dari cinta dalam definisi seorang ahli psikologi bernama Sternberg. Dia menyebutnya sebagai “Triangular Love” atau segitiga cinta dimana ketiga sudutnya berisi : Intimacy (keintiman), Passion (ghairah) dan Commitment (komitmen). Sebuah cinta yang lengkap dalam sebuah rumah tangga selayaknya memiliki ketiga hal diatas.

Intimacy atau keintiman adalah perasaan dekat, enak, nyaman, ada ikatan satu dengan yang lainnya.

Passion atau ghairah adalah perasaan romantis, ketertarikan secara fizik dan seksual dan berbagai macam perasaan hangat antara dua insan bercinta.

Commitment atau komitmen adalah sebuat keputusan terakhir bahwa seseorang akan mencintai pasangannya dan akan terus memelihara cinta tersebut “until death do us apart”.

Itulah segitiga cinta karya Sternberg yang cukup masuk akal untuk dipelihara dalam kehidupan rumah tangga. Bila sebuah perhubungan kehilangan salah satu atau lebih dari 3 unsur diatas, maka hubungan itu tidak dapat dikatakan sebagai cinta yang lengkap dalam konteks hubungan suami dan isteri, melainkan akan menjadi bentuk-bentuk cinta yang berbeza.

Sebagai contoh :

Bila sebuah hubungan hanya ada intimacy dan commitment saja, maka hubungan seperti ini biasa disebut sebagai persahabatan.

Bila sebuah perhubungan hanya ada passion dan intimacy saja tanpa commitment, maka ia biasa disebut sebagai “bertepuk sebelah tangan”.

Bila sebuah hubungan hanya mengandungi passion saja tanpa intimacy dan commitment, maka ia biasa disebut sebagai infatuation (gila bayang)

Nah, bagaimana bentuk cinta anda?

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: